Selasa, 31 Mei 2011

RELIGIUS BUILDING

Saya sedang melakukan tugas akhir di semester ini, dan tema yang ditentukan oleh jurusan adalah tentang Religius Building, oleh sebab itu saya mencari dan mencoba memahami apa itu Religius Building, dan berikut data yang telah saya dapatkan.

RELIGIUS

Religi :

- kepercayaan akan adanya kekuatan adikodrati di atas manusia; kepercayaan (animisme,dinamisme,dsb); agama.

- Religi adalah kepercayaan pada dan hubungan manusia dengan Yang Kudus, dihayati sebagai hakikat yang gaib, hubungan mana menyatakan diri dalam bentuk serta sistem kultus, ritus, dan permohonan terhadap doktrin tertentu, yang biasanya membentuk sikap hidup menghadapi dunia.

Agama berasal dari kata Sansekerta, sedangkan religi berasal dari kata Latin.

Religius :

Bersifat religi; bersifat keagamaan; yang bersangkut paut dengan religi.

BUILDING

Bangunan atau gedung

BANGUNAN

Sesuatu yang didirikan; sesuatu yang dibangun (seperti rumah, gedung, menara).

RELIGIUS BUILDING

MASJID

Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

GEREJA

Gereja (bahasa Portugis: igreja, bahasa Yunani: ekklêsia yang berarti dipanggil keluar (ek=keluar; klesia dari kata kaleo=memanggil); kumpulan orang yang dipanggil ke luar dari dunia ) memiliki beberapa arti:

Arti pertama ialah 'umat' atau lebih tepat persekutuan orang Kristen. Arti ini diterima sebagai arti pertama bagi orang Kristen. Jadi, gereja pertama-tama bukanlah sebuah gedung.

Arti kedua adalah sebuah perhimpunan atau pertemuan ibadah umat Kristen. Bisa bertempat di rumah kediaman, lapangan, ruangan di hotel, maupun tempat rekreasi.

Arti ketiga ialah mazhab (aliran) atau denominasi dalam agama Kristen. Gereja Katolik, Gereja Protestan, dll.

Arti keempat ialah lembaga (administratif) daripada sebuah mazhab Kristen. Contoh kalimat “Gereja menentang perang Irak”.

Arti terakhir dan juga arti umum adalah sebuah “rumah ibadahumat Kristen, di mana umat bisa berdoa atau bersembahyang.

Gereja (untuk arti yang pertama) terbentuk 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya Pentakosta, yaitu ketika Roh Kudus yang dijanjikan Allah diberikan kepada semua yang percaya pada Yesus Kristus.

KELENTENG

Klenteng atau Kelenteng adalah sebutan untuk tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa di Indonesia pada umumnya. Dikarenakan di Indonesia, penganut kepercayaan tradisional Tionghoa sering disamakan sebagai penganut agama Konghucu, maka klenteng dengan sendirinya disamakan sebagai tempat ibadah agama Konghucu.

VIHARA

Vihara adalah rumah ibadah agama buddha, bisa juga dinamakan kuil. Kelenteng adalah rumah ibadah penganut taoisme, maupun konfuciusisme. Tetapi di Indonesia, karena orang yg ke vihara/kuil/keleteng, umumnya adalah etnis tionghoa, maka menjadi agak sulit untuk di bedakan, karena umumnya sudah terjadi sinkritisme antara buddhisme, taoisme, dan konfuciusisme.

CANDI

Candi adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang merujuk kepada sebuah bangunan tempat ibadah dari peninggalan masa lampau yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha. Digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa ataupun memuliakan buddha. Akan tetapi, istilah 'candi' tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, banyak situs-situs purbakala non-religius dari masa Hindu-Buddha atau klasik Indonesia, baik sebagai istana (kraton), pemandian (petirtaan), gapura, dan sebagainya, juga disebut dengan istilah candi.

RELIGIUS BUILDING (BRANCHING/AN EXTENTION)

ASRAMA HAJI

PESANTREN

ISLAMIC CENTRE

CHRISTIAN CENTRE

Untuk Mata kulias Studio Tugas Akhir semester ini, Tema Religius Building ditetapkan sebagai acuan dasar saya dan teman-teman, dan tiap judul maksimal menjadi milik 2 orang, oleh karena itu muncul berbagai judul dalam Tugas Akhir periode ini, di antaranya:

Masjid

Gereja

Kelenteng

Vihara

Islamic Centre

Pesantren

Revitalisasi Candi

Konservasi Kelenteng

Sumber;

Kamus Besar Bahasa indonesia.Edisi kedua.1991.

Kamus Lengkap Inggris-Indonesia Indonesia Inggris.Penerbit Hasta.1980.

buku MASJID PUSAT IBADAT DAN KEBUDAYAAN ISLAM. Drs.Sidi Gazalba.Pustaka Antara.1975.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar