Jumat, 04 Februari 2011

Tugas KritiK arsitektur

ANALISIS BANGUNAN DI KOTA DEPOK DENGAN METODE ADVOKASI

Metode kritik dalam arsitektur yang memberikan sekadar anjuran yang mencoba bekerja dengan penjelasan lebih terperinci yang kadangkala juga banyak hal yang terlupakan.

THE HARVEST DEPOK

The Harvest merupakan bangunan publik. Bangunan dengan nama The Harvest Patissier & Chocolatier ini merupakan toko dengan produk makanan yang dijual antara lain jenis pastry, Salads & Soups, Snacks, Pasta, Sandwiches & Pies, Main Course, Side Dishes, dan berbagai pilihan coklat dan variasinya. The Harvest Depok merupakan cabang The Harvest yang diresmikan pada tanggal 30 Mei 2009. Lokasinya berada tidak jauh dari pertigaan Jalan Juanda dengan Jalan Margonda, yang mana lokasi ini dulunya adalah tempat billiard. Dengan alamat Jl. Margonda Raya No. 295. Telpon.+62-21-7721 6200.

Lokasi The Harvest yang berada tidak jauh dari pertigaan Jalan Juanda, di Jalan Margonda Raya, bersebelahan dengan bangunan publik lainnya, dan berada dekat jalur kereta api, membuat lokasinya cukup stragegis dan menguntungkan, karena pencapaian, akses dan sirkulasinya cukup baik yang dilewati oleh banyak kendaraan umum jenis angkot maupun bis, dan tentunya kendaraan pribadi.

FACADE



Fasade bangunan ini didominasi bentuk kotak dan persegi dengan warna coklat, krem dan merah hati. Warna-warna yang digunakan menunjukkan bangunan yang merupakan tempat berkumpul publik namun masih memberikan kesan privasi dan rasa nyaman bagi pengunjung yang masuk ke dalamnya. Selain itu, penggunaan besi putih sebagai kolom-kolom menunjang nilai kekuatan dan estetika yang mengesankan kekokohan.

INTERIOR

Bagian dalam bangunan ini merupakan area pajang/display produk makanan, dari jenis kue ringan/kering, roti, cokelat sampai cake dan es krim. Penggunaan material kaca dan alumunium ringan pada area display, rak pajangan dan meja, serta pencahayaan yang modern dan menarik, dan penggunaan lantai parquet memberikan kesan nyaman, hangat dan ringan di dalmnya, sehingga membuat pengunjung yang memilih, memesan dan menunggu pesanan disediakan, serta membayar pembelian, merasakan kenyaman dan kesan luas dan ramah di dalmnya.


EKSTERIOR DAN LANDSCAPE

The Harvet depok merupakan bangunan dua lantai. Di lantai dasar terdapat area parkir dengan pola sistem out street parking (parkir di dalam lahan), dan area duduk dengan pembatas berupa tanaman perdu, serta penggunaan taman air yang diperkuat barisan bambu kuning di sepanjang sisi dinding dan pancuran kecil, memberikan efek suara gemericik dan nuansa kesegaran di sekitarnya.

Untuk menuju lantai atas disediakan tangga yang berada di antara area parkir dan area duduk di lantai dasar, sehingga pengunjung tidak harus melewati area duduk saat menuju ke lantai atas. Di lantai atas juga di sediakan area duduk untuk berkumpul dan menikmati makanan yang telah dipesan di toko, tempat dan pelayanan yang nyaman membuat pengunjung betah berada di dalmnya berlama-lama.




Kesimpulan :

Dari pengamatan berdasarkan lokasi, facade atau tampak luar bangunan, interior atau bagian dalam bangunan, dan landscape atau penataan area luar bangunan, The Harvest Depok merupakan bangunan publik yang sudah cukup baik dalam penataan ruangnya yang kompleks, dengan memperhatikan baik sirkulasi, peletakan dari fungsi ruang di luar dan di dalam bangunan, serta berusaha tetap memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya dengan luas lahan yang telah ada. Penggunaan warna dan bentuk yang mudah dikenal dan tidak membosankan, yaitu bentuk yang universal dan warna yang tidak mencolok namun menarik, merupakan nilai jual yang utama karena berada di bagian tampak atau facade bangunan yang merupakan bagian awal yang dilihat calon pengunjung. Kesan pertama dari bagian luar yang menarik, dari segi facade maupun landscape, sampai kenyamanan di area dalam yang disediakan bangunan ini, merupakan point penting penilaian publik untuk menyukai tempat ini dan ingin mendatanginya tidak hanya satu kali.

Sumber :

http://www.harvestcakes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar